Inovasi untuk Percepat Transformasi Digital

Pinterest LinkedIn Tumblr +

Beritamedia.id –¬†Johnny G. Plate, Menteri Komunikasi dan informatika ¬†mengajak seluruh insan pos dan telekomunikasi serta ekosistem komunikasi dan informatika untuk mempercepat¬†transformasi digital sebagai pengembangan inovasi dalam ¬†di Indonesia.

‚ÄúInovasi, kreasi, dan kontribusi kita bersama menjadi kunci dalam pelaksanaan akselerasi transformasi digital Indonesia,‚ÄĚ ujarnya dalam Upacara Upacara Peringatan Hari Bhakti Postel ke-75 dari Aula Anantakupa, Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Senin (28/09/2020).

Menteri Kominfo mengingatkan kembali sejarah pada 27 September 1945, ketika Soetoko dan kawan-kawan yang tergabung dalam Angkatan Muda Pos, Telegrap, dan Telepon (AMPTT) merebut jawatan PTT dari tangan tentara Jepang.

‚ÄúSejak saat itu, 27 September kita peringati sebagai Hari Bakti Postel sebagai salah satu tonggak kemerdekaan bangsa, sekaligus merupakan titik awal dalam perkembangan pos serta telekomunikasi Indonesia,‚ÄĚ ungkapnya.

Guna memperingati perjuangan sekaligus jasa Soetoko dan kawan-kawan terhadap kemajuan bidang pos dan telekomunikasi Indonesia, Menteri Johnny menyatakan peringatan tahun ini diselenggarakan Transformasi Digital untuk Indonesia Maju.

‚ÄúHari ini plus satu, kita rayakan Hari Bakti Postel ke-75 yang bertema ‚ÄúTransformasi Digital untuk Indonesia Maju‚ÄĚ dengan meriah secara maknawi dan tetap mengutamakan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin,‚ÄĚ ujarnya.

Kembangkan Inovasi

Menurut Menteri Kominfo, perjuangan dalam membangun negara belum selesai. Oleh karena itu, Menteri Johnny mengajak seluruh sivitas Kementerian Kominfo terus berinovasi dan berkarya untuk menyiapkan Indonesia yang siap akan Revolusi Industri 4.0.

‚ÄúTerlebih lagi, dalam masa pandemi ini, hampir seluruh kegiatan dan aktivitas masyarakat membutuhkan telekomunikasi dan infrastruktur yang mumpuni,‚ÄĚ ajaknya.

Menteri Kominfo menyatakan sektor pos dan telekomunikasi memiliki peranan yang penting untuk menjadi solusi yang menjembatani penanganan krisis kesehatan dan pemulihan ekonomi nasional.

Baca Juga :  Melalui Virtual Box, Cawalkot Semarang Hendi-Ita Mulai Kampanye

‚ÄúMenyadari kebutuhan tersebut, Pemerintah pun hadir dengan agenda besar percepatan transformasi digital nasional yang harus diimplementasikan sesegera mungkin,‚ÄĚ ujarnya.

Mengutip arahan Presiden Joko Widodo, Menteri Johnny kembali menyampaikan lima fokus utama dalam agenda percepatan transformasi digital nasional, yakni: (1) percepatan perluasan akses dan peningkatan pembangunan infrastruktur digital; (2) pembuatan peta jalan transformasi digital di sektor strategis; (3) percepatan integrasi pusat data nasional; (4) penyiapan sumber daya manusia atau talenta digital; serta (5) percepatan penyiapan hal-hal yang terkait regulasi, skema pendanaan, dan pembiayaan.

‚ÄúSejalan dengan arahan tersebut, sekaligus dalam upaya meningkatkan rasio internetifikasi atau keterjangkauan internet di Indonesia dan menurunkan disparitas internetifikasi antar wilayah, Kementerian Kominfo secara serius terus mengupayakan percepatan transformasi digital Indonesia melalui empat pendekatan,‚ÄĚ tegasnya.

Saat ini, Kementerian Kominfo menerapkan empat pendekatan, pertama  penyelesaian pembangunan infrastruktur telekomunikasi dan informatika yang merata dan berkualitas di seluruh penjuru tanah air.

Kedua, pengembangan dan adopsi teknologi baru untuk membangun ekosistem digital yang terintegrasi dan aman. ‚ÄúSaat ini masyarakat di seluruh pelosok tanah air, khususnya di wilayah 3T berharap dan mendambakan¬†deployment¬†internet, tersedianya¬†wifi¬†dengan kecepatan yang memadai, untuk menghantar mereka untuk secara bersama-sama bergerak menuju transformasi digital,‚ÄĚ tutur Menteri Kominfo.

Ketiga, pengembangan SDM atau talenta digital dengan jumlah dan kualitas yang memadai dan berkelanjutan; serta keempat penuntasan legislasi primer bidang telekomunikasi, informatika, dan pelindungan data pribadi yang diikuti penguatan kolaborasi internasional di bidang ekonomi digital dan arus data lintas negara.

1 2
Share.

Comments are closed.

Berita Hari Ini

Balas Megawati, Syahrial Nasution : Apa Hebatnya Gibran dan Bobby
Beritamedia.id – Politisi Partai Demokrat, Syahrial Nasution membalas pernyataan yang dikeluarkan oleh Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri yang mempertanyakan sumbangsih ...
Read More
Ceramah Maulid, Seorang Ustaz di Aceh Ditusuk
Beritamedia.id – Kembali terjadi penyerangan kepada pemuka agama, kali ini seorang ustaz bernama Muhammad Zaid Maulana (36) ditusuk saat sedang ...
Read More
Terima Menlu AS, Jokowi Bahas Kerjasama Pertahanan-Ekonomi
Beritamedia.id – Mike Pompeo, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) diterima oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Bogor dalam ...
Read More
Dua Hari Libur, Jasa Marga Catat 336.929 Kendaraan Tinggalkan Jakarta.
Beritamedia.id РDua hari libur cuti bersama dan Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 Hijriah  pada Selasa (27/10/2020) dan Rabu (28/10/2020). dimanfaatkan ...
Read More
Cabup Bengkalis Yang Diusung PDIP dan PKB Miliki Harta Minus 3 Miliar
Beritamedia.id РHal mengejutkan tercatat dalam LHKPN Calon Bupati Bengkalis, Riau di Pilkada 2020 yang diusung PDIP dan PKB, Kaderismanto memiliki utang sekitar ...
Read More
Pajang Karikatur Erdogan, Turki Ambil Langkah Hukum
Beritamedia.id – Charlie Hebdo , Majalah mingguan Perancis kembali mematik api permusuhan, kali ini dengan memasang karikatur Presiden Turki, Recep ...
Read More
Jadi Polemik, Daniel Sebut Beri Sepeda Karena KSP Dukung Produk Lokal
Beritamedia.id – Artis Daniel Mananta angkat bicara dengan menyebut alasan memberikan sepeda lipat kepada Kepala Staf Kepresidenan (KSP) semata karena ...
Read More
Ada Seorang Ibu Ancam Bakar Balai Kota, Ini Kronologisnya
Beritamedia.id РWarganet dikagetkan dengan beredarnya sebuah video  yang menampilkan seorang ibu-ibu yang membawa bensin dan mengancam akan membakar Gedung ...
Read More
Bongkar NU Di Era Jokowi, Ngabalin Beri Ucap Selamat Gus Nur Ditangkap
Beritamedia.id – Ali Mochtar Ngabalin Pendukung pemerintahan Joko Widodo mendoakan Refly Harun ditangkap bersama Gus Nur. Terkait Pernyataan di video ...
Read More
Hina Islam, Indonesia Kecam Pernyataan Presiden Perancis
Beritamedia.id – Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri menyatakan mengecam pernyataan oleh Presiden Perancis, Emmanuel Macron, yang dinilai cenderung menyudutkan dan ...
Read More