Kurangi Penggunaan Plastik, Kemenko Marves Gunakan Besek Sebagai Pembungkus Daging Kurban

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Marves – Banyuwangi, Dalam rangka mengurangi sekaligus edukasi mengenai penggunaan plastik, Kemenko Marves melalui Sesmenko Marves Agung Kuswandono mengganti kantong plastik dengan ‘besek’ untuk membungkus daging kurban saat perayaan Idul Adha 1441 H.

“Ini sudah tahun ke-3 tanpa pakai plastik/ kresek, kami menggantinya dengan menggunakan wadah besek (anyaman bambu),” kata Sesmenko Marves Agung Kuswandono usai melaksanakan kurban di kampung halamannya, Banyuwangi, Jawa Timur pada Jumat (31-07-2020).

Sesmenko Agung mengungkapkan, selain mengedukasi pengurangan penggunaan plastik, penggunaan besek yang dialasi dengan daun jati ini disebut-sebut juga berfungsi membuat daging menjadi lebih empuk dan kesat.

“Untuk beseknya sendiri dipesan dari UMKM pengrajin di pelosok Banyuwangi, di desa Wangkal, Kalipuro. Besek ini nantinya bisa dimanfaatkan kembali sebagai wadah bumbu dan sebagainya,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua DWP Kemenko Marves yang juga merupakan istri Sesmenko Agung, Yani Kuswandono, mengungkapkan bahwa selain membagikan daging kurban, mereka juga membagikan masker dan sarung tangan, baik kepada pihak yang membantu dalam pemotongan daging kurban maupun yang datang mengambil daging kurban.

“Kami juga pasang bilik sanitasi. Intinya proses pembagian kurban ini harus sesuai dengan protokol kesehatan yang ada,” pungkasnya.

Biro Komunikasi
Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

 

Terkait

Sumber: Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI

Baca Juga :  Hoaks, Poster Tahapan Pilkada 2020 dari KPU
Share.

Leave A Reply