Jual Ponsel Ilegal, Owner PS Store Ditangkap Bea Cukai

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Beritamedia.id – Bea Cukai Jakarta menangkap pengusaha muda yang merupakan owner dari toko ponsel PS Store. Putra Siregar alias PS diduga melakukan tindak pidana kepabeanan karena menjual barang dalam hal ini ponsel atau smartphone ilegal.

Kabar penangkapan tersebut dibenarkan oleh Kasi Bimbingan Kepatuhan dan Kehumasan Kanwil Bea Cukai Jakarta Ricky.

Ia membenarkan pihaknya menangkap PS dan sudah melakukan penyidikan. Bahkan, diakuinya berkas PS telah masuk tahap II atau penyerahan barang bukti dan juga tersangka.

“Jadi kita sudah melaksanakan penegahan ya, penegahan proses penyidikan dan penyelidikan sampai berkas dinyatakan lengkap oleh kejaksaan, kemudian kita berikutnya tahap pelimpahan barang bukti dan tersangka ke Kejari Jakarta Timur. Jadi proses itu sudah kita lalui dan tahapan-tahapan tersebut dan saat ini untuk di Kanwil Jakarta sendiri sudah final ya,” sambungnya.

Namun demikian, kata Ricky, masyarakat tetap menerapkan asas praduga tak bersalah atas kasus ini sebelum divonis oleh hakim di pengadilan.

Ricky menjelaskan, penyelidikan pihak Bea Cukai sudah dilakukan sejak tahun 2017.

Dimulainya proses penyidikan berdasarkan adanya laporan masyarakat terkait kegiatan penjualan barang ilegal.

Setelah dirasa cukup memiliki bukti, toko milik Putra Siregar digeledah dan 190 handphone yang diduga ilegal ikut disita.

Meski demikian, Ricky belum mau memberi tahu dari mana asal barang-barang ilegal tersebut.

“Barang-barang ilegal itu kan dia yang bersangkutan tidak bisa menunjukkan dokumen kepabeanannya,” jelas Ricky.

Share.

Leave A Reply