Pendaftar SMA Berumur 20 Tahun, Plt Direktur Jenderal Kemdikbud : Sesuai Permendikbud

Terkuaknya data adanya  pendaftar SMA yang sudah berumur 20 tahun menjadi polemik dari penerapan batas usia sebagai jalur zonasi dalam PPDB jakarta. Namun, pihak Kemendikbud menganggap hal tersebut bukanlah suatu masalah karena masih sesuai dengan Permendikbud

PPDB Jakarta jalur zonasi sudah dibuka mulai hari ini hingga esok hari. Data tentang usia pendaftar ini tersedia di situs PPDB Jakarta.

Berikut data-data yang telah dirangkum :

  • Pendaftar tertua tercatat berusia 20 tahun 2 bulan 7 hari, yakni di SMA Negeri 111, jurusan IPS.
  • Pendaftar tertua kedua tercatat berusia 20 tahun 2 bulan 2 hari, yakni di SMA Negeri 1 Jakarta, jurusan IPS. 
  • Pendaftar dengan umur tertua nomor 3 berusia 20 tahun 1 bulan 5 hari, di SMA Negeri 5, jurusan IPS.
  • Pendaftar termuda tercatat berusia 15 tahun 4 bulan 3 hari, yakni di SMA Negeri 100, jurusan IPA.

Pelaksana tugas Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Hamid Muhammad mengatakan, PPDB berdasarkan usia sebenarnya sudah sesuai dengan aturan Kemdikbud.

Menurut Hamid, masalah usia yang menjadi salah satu pertimbangan seleksi PPDB di DKI Jakarta sebenarnya sudah lama.

“Namun, baru diterapkan di DKI Jakarta mulai tahun ini,” ujar Hamid kepada Antara di Jakarta, Selasa 23 Juni 2020.

Isi Permendikbud

Hamid menambahkan, usia anak merupakan salah satu persyaratan dalam PPDB. Baik pada Permendikbud Nomor 17/2017 maupun Permendikbud Nomor 44/2019.

Disebutkan, persyaratan calon peserta didik baru kelas 1 berusia 7 hingga 12 tahun, atau paling rendah 6 tahun pada 1 Juli tahun berjalan.

Untuk SMP berusia paling tinggi 15 tahun pada 1 Juli tahun berjalan, dan untuk jenjang SMA/SMK berusia paling tinggi 21 tahun pada tanggal 1 Juli tahun berjalan.

Baca Juga :  Pernikahan Sesama Jenis di Soppeng, Sulsel, Terbongkar Akibat Tamu Curiga

Sesuai Aturan PPDB

Lebih jauh Hamid menjelaskan, pihaknya menggunakan usia dalam Permendikbud. Itu tertera dalam aturan Permendikbud tersebut.

“Meskipun banyak yang tidak setuju. Apa yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta sudah sesuai dengan aturan PPDB,”imbuh Hamid.

Adapun untuk jalur pendaftaran PPDB baru dilaksanakan melalui jalur zonasi, afirmasi, perpindahan orang tua, dan prestasi. Jalur prestasi pun, tidak hanya prestasi akademik, tapi juga prestasi non-akademik.

Leave A Reply