Dua Kali Mangkir Rapat, Ketua Komisi II DPR Akan Laporkan Yasonna Ke Presiden

Beritamedia.id – Dua kali tidak hadir dalam rapat membahas Piilkada Serentak 2020, Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly membuat kecewa Komisi II DPR. Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia bahkan menyatakan akan melaporkan secra resmi kepada Presiden.

Usulan pemanggilan datang dari Sukamto, Fraksi PKB, . Ia mengusulkan untuk membuat surat teguran keras kepada Menkumham dengan tembusan ke Presiden Joko Widodo.

Tidak hadir dua kali berturut-turut, menurut saya itu sikap pelecehan,” ucap Sukamto.

“Kita setuju kita kirim surat ke presiden menyampaikan situasi ini,” kata Doli saat rapat di DPR, Jakarta, Senin (29/6).

Seperti diketahui Komisi II DPR dan Kemenkumham serta Kemendagri memiliki agenda rapat untuk membahas penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (perppu) No. 2 tahun 2020 tentang Pilkada menjadi undang-undang lewat paripurna pada hari ini, Senin (29/6).

Doli justru mengapresiasi langkah dari Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian yang hadir dalam rapat. , Tito diketahui juga memiliki agenda dengan Presiden Jokowi, namun ia tetap menyempatkan diri untuk ke DPR.

Adapun agenda rapat kerja hari ini mengundang Menkumham dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian untuk membahas pendapat akhir mini fraksi, menolak atau menerima Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Pilkada serentak 2020.

Ketua Komisi DPR Ahmad Doli Kurnia mengatakan, Sekretariat Komisi II telah mengirimkan surat ke Menkumham beberapa hari sebelum rapat pada hari

“Menunda Pilkada serentak 9 Desember penuh konsekuensi dan menuntut keseriusan kita semua. Kalau ada salah satu yang tidak anggap ini, atau tidak bisa hadir, saya kira ini menunjukkan tidak menghargainya Menkumham terhadap proses ini,” ujar Doli saat memimpin rapat Komisi II DPR, Jakarta, Senin (29/6/2020).

Leave A Reply