Belum Lolos Seleksi PPDB, Jangan Khawatir Disdik DKI Jakarta Buka Jalur Prestasi 1-3 Juli

Beritamedia.id – PPDB Jalur Zonasi telah selesai, bagi calon peserta didik yang belum lolos Disdik DKI Jakarta memberikan kesempatan dengan membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) melalui Jalur Prestasi pada 1 hingga 3 Juli mendatang.

Pengumunan ini di sampaikan dalam konferensi pers oleh Kepala Dinas Pendidkan DKI Jakarta, Nahdiana. Ia menambahkan di PPDB Jalur Prestasi ini untuk mengakomodir dan mengapresiasi calon prestasi didik secara prestasi akademis.

Dalam Jalur Prestasi, peserta didik bisa memilih 3 sekolah sesuai dengan urutan prioritas pilihan. Tiga pilihan sekolah tersebut bisa didaftarkan di seluruh sekolah di Jakarta tanpa mengikuti ketentuan zonasi.

“Untuk jalur prestasi akademik, tersedia kuota 25 persen dari PPDB untuk SMP dan SMA, serta 55 persen untuk SMK.” jelasnya.

Untuk pembagiannya ia menjelaskan secara rinci yaitu  untuk SMP dan SMA, kuota 20 persen khusus bagi pendaftar dalam DKI Jakarta dan 5 persen di luar Jakarta. Sedangkan untuk kuota 55 persen SMK, 50 persen bagi pendaftar dari Jakarta dan 5 persen di luar Jakarta.

Dalam PPDB Jalur Prestasi, proses seleksi calon anak didik  dilakukan dengan mengurutkan dari nilai tertinggi ke nilai terendah.

Nilai rapot yang digunakan untuk jenjang SD ke SMP meliputi mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, dan Pendidikan Kewarganegaraan.

Sedangkan nilai rapot yang digunakan untuk jenjang SMP ke SMA atau SMK meliputi mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, dan Bahasa Inggris.

PPDB Jalur Prestasi adalah proses terakhir penerimaan calon anak didik baru, sebelumnya Disdik DKI Jakarta sudah mengadakan empat tahapan seleksi PPDB.

Empat tahapan seleksi tersebut yakni Jalur Inklusi, Jalur Prestasi non Akademis, dan Jalur Zonasi.

Baca Juga :  #TenggelamkanGerindra Trending Akibat Poyuono Sebut Isu PKI Dari Kadrun

Walaupun beberapa hari lalu mendapat kritikan dan kecaman terkait adanya syarat usia, namun secara keseluruhan ia melihat semua proses seleksi PPDB sudah berjalan baik.

Terkait persyaratan usia yng mendapat kritikan dari orang tua calon anak didik, Nahdiana memberikan kesempatan untuk para orang tua murid mendaftarkan anaknya di PPDB Jalur Prestasi.

“Bagi orang tua dari peserta didik yang dinyatakan lolos seleksi pada jalur zonasi, jangan lupa untuk melakukan lapor diri mulai hari ini sampai dengan besok pukul 14.00 WIB,” kata Nahdiana saat siaran langsung di YouTube, Senin (29/6/2020).

Leave A Reply