Balikpapan Berpotensi Hujan Lokal saat Gerhana Matahari Cincin

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

PROKAL.CO, BALIKPAPAN – Minggu (21/6) akan ada penampakan Gerhana Matahari Cincin (GMC). Bahkan, jadwal prakiraan puncak gerhana untuk wilayah Kalimantan Timur akan terjadi pada pukul 16.26 Wita. 
Ini merupakan hal yang ditunggu-tunggu, dimana fenomena GMC ini terjadi hanya satu sampai dua tahun sekali. Pastinya dengan adanya moment ini, masyarakat tidak ingin sampai terlewatkan, termasuk cuaca.
Namun, diketahui prakiraan cuaca malam ini hingga besok pukul 08.00 Wita, cuaca daerah Balikpapan terpantau hujan. Hal ini disampaikan oleh Kasie Data dan Informasi BMKG Balikpapan Mulyono Leo Nardo.
“Hujan berpotensi di dini hari hingga pagi hari, siang hingga sore hari diperkirakan hujan lokal,” ujarnya.

Informasi ini bahkan juga telah diupdate di media sosial BMKG, dan update tiga harian kondisi cuaca. Untuk mewaspadai cuaca ekstrem dari tanggal 19 Juni 2020 hingga 21 Juni 2020.
“Wilayah berpotensi terjadinya hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang dan kilat diprakirakan terjadi hampir di sebagian besar wilayah Kalimantan Timur. Jika terjadi hujan, maka tidak bisa terlihat (GMC),” jelasnya.
Sedangkan saat dikonfimasi terkait GMC di Balikpapan, Kepala Stasiun Geofisika Balikpapan Mudjianto, mengatakan, untuk wilayah Kalimantan hanya akan terjadi gerhana matahari cincin sebagian. Bahkan jadwal tersebut juga telah diupdate di web maupun aplikasi milik BMKG. 
“Presentase GMC di Kaltim, semakin ke utara semakin besar luasan matahari tertutup bulan. Untuk kondisi cuaca tertutup awan berpeluang ringan,” terang Mudji.
Sumber: prokal.co

Share.

Leave A Reply