Ini Tanggapan Bupati Lamandau Terhadap Permintaan Pendemo

Bayu Harisma
Kotawaringin News, Lamandau – Meskipun tidak dijinkan masuk ke kantor maupun halaman kantor Bupati Lamandau, Rabu (8/1/2020), puluhan warga Desa Kinipan dan Desa Batu Tambun yang menggelar aksi damai tetap menyampaikan aspirasinya.
Dalam orasinya, warga meminta agar pemerintah daerah membantu penyelesaian sengketa lahan antara warga dengan perusahaan PT. Sawit Mandiri Lestari (SML). Warga juga nenuding bahwa pemerintah daerah tutup mata dan tak mau memperhatikan warga desa Kinipan.
Didampingi Kabag Humas Setda Lamandau, Bupati Lamandau, H Hendra Lesmana, akhirnya bersedia menemui warga desa Kinipan yang melakukan aksi demonstrasi di depan pintu gerbang kantor Bupati setempat.
“Bapak Ibu yang saya hormati, saya selaku pimpinan daerah hadir seperti yang Bapak Ibu inginkan. Saya pastikan, Pemerintah daerah selalu hadir di tengah masyarakat setiap ada permasalahan,” ungkap Bupati Hendra.
Dirinya menyebut, kalau memang ada hak pengolahan tanah yang dilanggar oleh pihak perusahaan, silahkan diselesaikan secara hukum yang berlaku, jangan salah dalam mengambil langkah penyelesaian.
“Karena sebelum saya menjadi Bupati, PT. SML telah memiliki ijin beroperasi di kawasan itu. Semua permasalahan sudah diatur penyelesaiannya oleh Negara, mari kita selesaikan secara arif agar tidak terjadi hal-hal yang dapat merugikan kita semua,” ucap Bupati Lamandau.
Selanjutnya, saya berpesan kepada warga desa Kinipan agar yang kontra terhadap keberadaan perusahaan, jangan mempengaruhi masyarakat yang lain yang pro. Karena dapat menimbulkan keresahan di masyarakat.
Bupati melanjutkan, bahwa Pemerintah Daerah senantiasa memperhatikan desa Kinipan dengan program pemerataan pembangunan di segala bidang.
“Kalau pemerintah tidak memperhatikan pembangunan di desa kinipan, tidak mungkin pemerintah selalu mengalokasikan dana pembangunan. Silahkan bapak ibu cek berapa alokasi dana untuk desa Kinipan, itu bukti bahwa Saya mencintai semua warga termasuk Bapak Ibu yang hadir disini,” tegasnya.
Sumber: Kotawaringin News